Minggu, 20 September 2015

Kisah Mistis : Misteri Segitiga Bermuda yang Belum Terpecahkan

(Kangsambas). Segitiga bermuda (dikenal juga dengan Segitiga Iblis) merupakan sebuah area yang terletak di antara Florida, Puerto Rico, dan Bermuda. Di kawasan ini banyak kapal serta pesawat terbang dikabarkan hilang secara misterius. Bahkan, ada beberapa orang yang bertanya-tanya apakah hilangnya Malaysian Airlines MH370 saat itu ada hubungannya dengan misteri Segitiga Bermuda, meskipun data radar mencatat pesawat hilang kontak di lokasi yang sangat jauh dari Bermuda.

Dalam satu abad terakhir ini diperkirakan sekitar 50 kapal laut dan 20 pesawat terbang menghilang secara misterius di suatu wilayah yang disebut segitiga bermuda. Tidak heran banyak orang menyebut wilayah ini dengan nama mantra pelet lewat tatapan mata segitiga setan. Setelah hampir satu abad berlalu, adakah misteri yang masih tersisa dari segitiga bermuda ?

Segitiga bermuda membentang di lautan Atlantik yang dibatasi oleh garis yang menghubungkan Florida, pulau bermuda dan puerto rico. Luasnya sekitar 1,2 juta km2. Misterinya dimulai ketika banyak kapal laut, perahu dan pesawat terbang menghilang secara misterius di wilayah ini. Menurut para peneliti, di wilayah ini hukum fisika dilanggar habis-habisan.
Bahkan hingga kini, segitiga bermuda masih sering menjadi topik favorit buku-buku novel dan film-film Holywood. Kisahnya tidak pernah habis dibahas di situs-situs paranormal dan misteri.

Segitiga Bermuda

Istilah "Segitiga Bermuda" sendiri dibuat pada tahun 1964 oleh seorang penulis Vincent Gaddis dalam salah satu tulisannya. Dilansir dari livescience.com, pada tahun-tahun selanjutnya banyak orang memunculkan istilah baru untuk menyebut kawasan misterius tersebut.

Charles Berlitz, yang berasal dari keluarga para ahli bahasa, juga memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang terkait dengan paranormal. Dia percaya bahwa Atlantis tidak hanya nyata, tapi Atlantis juga berhubungan dengan Segitiga Bermuda. Dan teorinya tersebut berhasil dia bukukan dan menjadi salah satu buku terlaris pada tahun 1974 dengan judul "The Bermuda Triangle." Setelah itu muncullah berbagai versi misteri Segitiga Bermuda yang diterbitkan dalam berbagai buku, majalah, website, bahkan tayangan televisi.

Selama bertahun-tahun, telah banyak teori yang dibuat untuk menjelaskan misteri Bermuda. Beberapa penulis juga ada yang mengembangkan teori Berlitz terkait dengan Atlantis, mereka berpikir bahwa kota Atlantis yang hilang tersebut bisa jadi terletak di dasar laut dan menggunakan salah satu gelombang energinya "crystal energies" untuk menenggelamkan kapal dan juga pesawat. Ada juga yang mengungkapkan bahwa Segitiga Bermuda merupakan sebuah mesin waktu dan juga adanya alien yang hidup di dasar laut.

Namun, beberapa di antaranya masih percaya bahwa sebaik-baiknya penjelasan mengenai misteri Segitiga Bermuda akan muncul jika dianalisa melalui ilmu geologi dan hidrologi. Misalnya saja, mungkin kapal dan pesawat yang hilang tersebut memang sebelumnya dihancurkan oleh gas metana yang dalam kuantitas besar terdapat di bawah laut. Dan mungkin ada sebuah cahaya yang memicu gas metana dari dalam laut muncul ke permukaan hingga menyebabkan kapal dan pesawat hilang tanpa bisa dilacak. Teori tersebut tentu saja cukup logis, termasuk terkait dengan metana yang memang benar-benar ada secara alami.

Ada juga yang mengatakan bahwa hilangnya pesawat dan kapal bisa jadi disebabkan oleh ombak laut yang memang besar. Atau juga dapat disebabkan pleh munculnya gelombang geomagnetik yang menyebabkan timbulnya masalah terkait navigasi yang membingungkan para pilot. Namun tentu saja para pilot sebelumnya sudah terlatih untuk menerbangkan pesawat mereka meskipun ada masalah navigasi yang dialami, dan teori ini juga tidak mampu menjelaskan bagaimana sebuah kapal bisa menghilang.

Fakta lain kembali muncul pada situs angkatan laut yang menyebutkan; "Kawasan Segitiga Bermuda merupakan salah satu dari 2 tempat di bumi ini di mana kompas tidak dapat mengidentifikasi arah utara. Secara normal, sebuah kompas harusnya dengan mudah menunjukkan arah utara pada sebuah lokasi. Perbedaan antara dua area tersebut dinamakan variasi kompas. Meskipun beberapa tahun yang lalu variasi kompas ini benar-benar mempengaruhi kawasan Bermuda dikarenakan adanya fluktuasi yang terjadi pada kawasan magnetik bumi seharusnya hal ini sudah bukan merupakan persoalan sejak abad ke-19."

Hingga saat ini,telah banyak tenggapan-tanggapan atau teori-teori mengenai peristiwa-peristiwan aneh dan ghaib yang terjadi di kawasan tsb,diantaranya:


  1. Sebuah Argumen dari suatu Perusahaan Asuransi Kapal Laut
    Perusahaan asuransi laut Lloyd’s of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.
  2. Teori Lorong Waktu
    Menurut beberapa peneliti,mungkin dikawasan ini terdapat sebuah gangguan atmosfir di udara berupa lubang di langit.Ke lubang itulah pesawat terbang masuk tanpa sanggup untuk keluar lagi. Dari misteri "Lubang di Langit" ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubungan antara dunia dengan dimensi lain. lubang di Langit itu dianggap semacam alat transportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentuk Lubang di Langit itu UFO? Orang sering menghubungkan hilangnya pesawat kita dengan munculnya UFO. Lantas, apakah hilangnya mereka itu karena diculik oleh UFO? Malah hasilnya hanya mendapat pertanyaan tanpa jawaban.
  3. Blue Hole
    Konon di dasar laut segitiga bermuda terdapat semacam lubang/gua dasar laut,dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelahjaman es berlalu, gua ini tertutup.Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya,dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama. Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelan kapal raksasa ke dasar lautan?
  4. Gas Metana
    Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas methana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut. menurut salah seorang ahli Segitiga Bermuda merupakan portal menuju ke dunia yang hilang ATLANTIS,yang diperkirakan tenggelam pada 10.000 tahun lalu.
  5. Misteri Lidah Lautan
    Kawasan Segitiga bermuda sering juga disebut sebagai Tongue of the Ocean atau Lidah Lautan.Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon).Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belum diketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya saja misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS, pada bulan Agustus 1917. Mungkinkah naga laut ini banyak meminta korban? Ataukah arus Cromwell di Lautan Pasifik yang menyebabkan adanya gelombang lautan disitu atau angin topan, gempa bumi di dasar lautan? hanya Tuhan yang tahu.
  6. Misteri Makhluk Sargasso
    Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso,banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya dan terkubur di dasar laut. Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulang belulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang dan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam. Didasar lautnya terdapat pegunungan yang banyak dan mempunyai tebing dan ngarai yang terjal.
  7. Angin Puting Beliung
    Mungkin di area ini sering terjadi badai laut yang mungkin bisa membentuk suatu pusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya sebuah pesawat terbang karena terhempaskan.
  8. Beberapa Penjelasan Lain
    Ada yang mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia,sehingga kendaraan apapun yang melewati daerah teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada juga yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda,sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalam. Dan bahkan ada yang mengatakan Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas,sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat.
Fakta mengenai misteri Bermuda
Namun sebelum kita menerima beberapa penjelasan, para ilmuwan harusnya mempertanyakan lagi beberapa pertanyaan mendasar seperti; Apa benar ada sebuah misteri yang terjadi di Bermuda untuk dijelaskan?

Seorang jurnalis bernama Larry Kusche yang menanyakan pertanyaan tersebut dan dia mendapat jawaban yang cukup mengejutkan; sebenarnya tidak ada misteri mengenai keanehan yang terjadi yang menyebabkan sejumlah kapal dan pesawat lenyap di Bermuda. Kesche kemudian kembali menyelidiki sejumlah tulisan terkait lenyapnya kapal secara misterius dan menyadari bahwa banyak cerita yang dibuat dengan berbagai kesalahan.

Dalam bukunya yang berjudul "The Bermuda Triangle Mystery-Solved", Kusche mengemukakan bahwa ada sejumlah penulis yang menceritakan misteri Segitiga Bermuda tanpa melakukan riset terlebih dahulu, mereka kebanyakan hanya menyadur tulisan yang sudah ada. Sayangnya, teori dari Charles Berlitz mengenai paranormal dan Segitiga Bermuda juga berisi beberapa teori yang tidak teruji secara ilmiah.

Livescience.com juga menuliskan bahwa misteri Segitiga Bermuda itu kebanyakan muncul dari kesalahan yang ditulis Berlitz. Kusche juga menyebutkan bahwa; "Jika Berlitz mengemukakan bahwa warka kapal adalah merah, maka besar kemungkinan bahwa fakta sesungguhnya di lapangan kapal itu berwarna selain merah."

Dalam beberapa kasus, tidak ada bukti yang menyebutkan kapal dan pesawat yang hilang di kawasan Segitiga Bermuda. Kasus tersebut hanya muncul dalam imajinasi penulis saja. Pada kasus di mana memang ada kapal dan pesawat lenyap di kawasan Bermuda, Berlitz dan penulis lain tidak menyebutkan bahwa kapal dan pesawat tersebut hilang pada saat memang sedang terjadi badai, dan beberapa kapal bahkan tenggelam di area yang jauh dari Bermuda.

Perlu diketahui juga, bahwa area di dalam Segitiga Bermuda sebenarnya sering sekali dilewati oleh kapal pesiar dan juga kapal angkutan barang. Jika dipikir secara logis, jumlah kapal yang hilang di kawasan Bermuda harusnya lebih banyak dibandingkan yang hilang di kawaasan selatan Samudra Pasifik, namun faktanya tidak demikian.

Pada akhirnya kita semua tidak perlu lagi berpusing-pusing memikirkan tentang teori mesin waktu, alien dasar laut, teori geomagnetik, gelombang laut, atau hal lainnya. Karena memang misteri dari Segitiga Bermuda dapat dijelaskan secara sederhana yaitu: sebuah penelitian yang terkesan tergesa-gesa dan tidak dapat dipercaya serta cerita yang hanya berisi sensasi, dan juga berbagai cerita yang hanya diambil dari buku-buku yang kurang terpercaya.

Sumber : wikipedia
Dapatkan Sample GRATIS Produk sponsor di bawah ini, KLIK dan lihat caranya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.